Senin, 09 November 2015

Contoh Format surat perjanjian jual beli, pemesanan barang, penawaran barang, permintaan informasi lebih lanjut serta balasan, agenda, dan proposal pendirian perusahaan

Contoh Format Surat Perjanjian Jual Beli 

SURAT PERJANJIAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:                                 
Nama Perusahaan : PT LS Indonesia
Alamat : Palembang

Dalam hal ini bertindak atas Perusahaan Eksportir yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

Nama Perusahaan : Thong Joe,  PTE
Alamat : Singapore
Dalam hal ini bertindak atas nama Perusahaan Importir yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Pihak pertama dengan ini berjanji menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual CVO kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli CVO dari pihak pertama dengan ketentuan:
1.     Jumlah CVO
100 Ton
2.     Harga
$1000 /Ton
3.     Kualitas
A
4.     Pengiriman
Cost Insurent Fright
5.      Nilai Kontrak
$100.000






Dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam 5 (lima) pasal, berikut ini:
Pasal 1
HARGA 
Jual beli CVO tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan harga CVO sebesar $100.000 ( $1000/ton x 100ton)
Pasal 2
CARA PEMBAYARAN (BANK RESPONDEN)
Perusahaan Tong Joe, PTE sebagai importir membayar melalui Bank of Singapore. Sedangkan perusahaan PT LS Indonesia sebagai eksportir menerima pembayaran melalui Bank M.

Pasal 3
MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN 
Perjanjian ini berlaku dalam jangka waktu kontrak dari tanggal 12 September 2015 sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 (3 Bulan).
Pasal 4
PENYERAHAN BARANG
Pelabuhan asal pengiriman dari PT LS Indonesia berada di Pelabuhan BOM BARU Palembang, pelabuhan tujuan berada di Pelabuhan WTC Singapore.
Pasal 5
PENYELESAIAN PERSELISIHAN 
Apabila terjadi perselisihan di dalam perjanjian tersebut maka kedua belah pihak akan menyelesaikan secara mufakat , apabila tidak terjadi kesepakatan akan diselesaikan di Pengadilan Negri Palembang.

Tanggal 12 September 2015
                                                                                                               PIHAK PERTAMA,                                                                           PIHAK KEDUA,


SURAT PENAWARAN BARANG


PT. LESTARI
Medan
=====================================================


Kepada Yth                                                                   Medan, 30 April 2015
CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Di-Medan

Dengan Hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. LESTARI, dengan alamat di Jln. Sekar Sari No. 34 Medan. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV. ANUGERAH SEJAHTERA adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan properti dengan harga yang bersaing.Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok properti untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. 

Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk properti yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Lestari



Ikram Syahputra 
Manager Marketing


SURAT PERMOHONAN INFORMASI PRODUK

CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
=====================================================

Kepada,                                                                     Medan, 02 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN

Nomor              : 120/ATS/VIII/2015
Lampiran          : -
Hal                   : Permintaan Informasi Produk     

Dengan hormat,
    Kami memerlukan semua katalog anda yang berisikan bahan dan macam – macam properti rumah tangga yang anda produksi. Agen penjualan anda bisa segera menghubungi saya dan membuat janji pertemuan.


Hormat kami,
CV. Anugerah Sejahterah



Yeni Angraini
Direktur

BALASAN SURAT PERMOHONAN INFORMASI PRODUK

PT. LESTARI
Medan
=====================================================

Kepada Yth                                                                      Medan, 05 Mei 2015
CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Di-Medan

Nomor : 045/RSR/2015
Hal        : Balasan Surat Permohonan Informasi
Lamp.   : 1 Berkas

Dengan Hormat,
Terima kasih atas surat permintaan informasi yang perusahaan Anda kirimkan pada tanggal 2 Mei 2015. Kami akan senang bila dapat bekerja sama dengan perusahaan Anda.
Untuk memenuhi permintaan Anda maka kami lampirkan catalog kami yang terbaru. Di dalamnya, kami juga menjelaskan rincian penawaran mengenai potongan khusus kami untuk perusahaan Anda.
Kami akan menantikan balasan dan pesanan pertama Anda. Kalau masih ada yang belum jelas mengenai produk kami, Anda dapat menanyakan kami lagi.

Hormat kami,
PT Lestari




Meileginta Kaban
Manajer Pemasaran



SURAT PEMESANAN BARANG


CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
=====================================================

                              
Kepada,                                                                       Medan, 08 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN

Nomor : 120/AAS/VIII/2015
Lampiran: -
Hal: Pesanan properti rumah tangga     

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang saudara ajukan, maka kami berniat memesan barang-barang properti rumah tangga berupa dibawah ini:

1.      10 unit Lemari Pakaian
2.      50 unit meja hias
3.      20 unit meja makan

Pembayaran akan dilakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan pada saat barang sudah kami terima dengan keadaan baik.

Kami harap barang tersebut dikirim secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
CV. Anugerah Sejahterah



Yeni Angraini
Direktur

SURAT KLAIM KEUSAKAN BARANG PADA PEMESANAN BARANG


CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
===================================================== 
Kepada Yth                                                                                               Medan, 15 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN

Nomor             : XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2013                                 
Lamp.              : -
Hal                  : Klaim

Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang
kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang
rusak beserta keterangan kerusakannya :

No
Deskripsi
Jml
No. Surat Jalan
Keterangan
1
Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm
1
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
Ada 4
slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
2
Lemari Pakaian
1
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
Bagian kaki retak dan engsel pintu lemari rusak
3
Meja hias
1
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
Kaca retak sepanjang 30 cm dan
model tidak sesuai pesanan



Kami telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya jadwal stuffing.

Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
CV. Anugerah Sejahterah



Yeni Angraini
Direktur

 CONTOH AGENDA RAPAT

AGENDA RAPAT
Hari
Senin
Tanggal
01 September 2015
Tempat
Ruang Rapat Kantor
Bersama
Direktur PT LESTARI

No
Jam/Waktu
Acara
Petugas
1
08.30-09.00
Regristrasi peserta rapat
Penerima tamu
2
09.00-09.05
Pembukaan
Pembawa acara
3
09.05-09.15
Sambutan Pimpinan Perusanaan
Pim.Perusahaan
4
09.15-10.30
Strategi Penjualan dan Pemasaran
Manajer Pemasaran
5
10.30-10.40
Coffee Break I
Konsumsi
6
10,40-12.00
Laporan Hasil Penjualan
Manajer Penjualan
7
12.00-13.30
Lunch, Sholat Dhuhur
Konsumsi/acara
8
13.30-15.15
Sessi Workshop
Peserta rapat
9
15.15-15.30
Coffeee Break II
10
Strategi Pemasaran dan Penjualan 2008
Pim/wakil pimpinan Perusahaan
11
16.00
Penutup, Doa
Acara


CONTOH PROPOSAL PENDIRIAN PERUSAHAAN


PROPOSAL BENGKEL LAS
TIARA KARYA




DISUSUN OLEH :
M. FAUZI ADRIANSYAH                      (01031381419161)
TRI WAHYU ANGGRAENI                    (01031381419179)
ULFA MAURISA MA                             (01031381419214)
YENI ANGRAENI                                   (01031381419197)
YUDHISTIRA ANDAMEN SAPUTRA  (01031381419225)




JALAN SAPTA MARGA NO. 002
KEL. BUKIT SANGKAL KEC. KALIDONI
PALEMBANG



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya, TIM penyusun dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “BENGKEL LAS TIARA KARYA”.
 Proposal ini disusun berdasarkan rencana pendiran usaha yang didalamnya memuat latar belakang, visi, misi, & tujuan serta keterangan-keterangan lain tentang perusahaan. Dalam penyusunan proposal ini, tidak sedikit hambatan yang TIM penyusun hadapi. Namun, penyusun menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, serta bimbingan sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi dapat teratasi.
Penyusun sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Maka, TIM penyusun meminta masukannya berupa kritik dan saran dari pembaca demi  perbaikan  pembuatan  proposal di masa yang akan  datang.


                                                                                                  Palembang,17 Oktober2014


                                                                                                                    Tim Penyusun

                                                                                     
BAB I
PENDAHULUAN

        Latar Belakang

                   Masyarakat di Indonesia khususnya wilayah Palembang merupakan kota yang sedang melakukan pembangunan sehingga banyak dijumpai kontraktor yang sedang membutuhkan jasa-jasa dalam membuat sebuah gedung maupun perumahan perumahan.
     Dengan semakin berkembangnya dan semakin banyak masyarakat yang menginginkan rumahnya atau gedung perkantorannya di perindah dengan itulah kami memiliki ide untuk membuat usaha bengkel las ini untuk membantu para kontraktor memperindah bangunan yang sedang mereka kerjakan.
Perusahaan Bisnis Bengkel Las “TIARA KARYA” ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hoby mendesain yang di iringin keahlian  dalam bidang mebuat pagar atau tralis. karena sering menemukan berbagai masalah dalam memperindah suata bangunan. Akhirnya generasi muda ini mencetuskan dan mendirikan sebuah Bengkel Las yang dinamakan “TIARA KARYA” yang berdiri di JL Sapta Marga Kalidoni yang lingkungannya  memiliki tingkat pembangunan yang lumayan tinggi, tapi masih minim pengetahuna dalam meperindah bangunan
            Bengkel Las “TIARA KARYA” ini didirikan untuk mempelopori kecintaan pada arsitektur pada sebuah bangunan.


BAB II
PROFIL USAHA

Nama Perusahaan
BENGKEL LAS TIARA KARYA
N.P.W.P
Status Usaha
SWASTA
Alamat
Jalan Sapta Marga no. 002 Kalidoni
Kecamatan
Kalidoni
Kota/Kab
Palembang
Provinsi
Sumatra selatan
Negara
Indonesia
Kode Pos
30114
No. Telpon
085267166660 / 087795330022
No Fax
0
0
Anggota Asosiasi
None
Kategori Perusahaan
Welding Services
pagar, railing tangga / railing balkon,bangku pekarangan,
kanopi, pintu kasa nyamuk dan teralis.

Kami adalah pelaku usaha di bidang las di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang memiliki pengalaman 15 tahun lebih. Kepuasan pelanggan merupakan keutamaan kami.
Kami menyediakan produk aksesoris rumah, kantor, apartemen, atau fasilitas umum lainnya dengan berbahan besi dan stainless. Produk yang kami kerjakan dapat di-customized sesuai keinginan pelanggan. Moto dari BENGKEL LAS TIARA KARYA PALEMBANG adalah KREATIF, DETAIL, RAPIH, CEPAT DAN TERJANGKAU





BAB III
STRUKTUR ORGANISASI

OWNER
Asisten Owner
Bagian Produksi
Bagian Pengambaran
Bagian Administrasi
Sperpart
Mekanik
Costumer Service

Kasir




BAB IV
VISI DAN MISI

3.1    Visi
Menjadi bengkel las yang selalu terdepan dalam pelayanan, kualitas, dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mendambakan kepuasan dalam segala servis pengelasan.

3.2    Misi
1.     Memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada pelanggan yang membutuhkan servis.
2.     Melayani pesanan pelanggan dengan  kualitas terjamin dan teruji dengan teknologi tinggi.
3.     Memberikan perawatan dan pengecekan secara berkala kepada barang yang telah di servis atau di ciptakan.
4.     Cepat dan tanggap dengan permintaan panggilan (on the call).


BAB  V
ASPEK PEMASARAN

4.1    Hasil Analisis Pasar
v Target Pasar atau Konsumen
Target pasar atau konsumen untuk usaha ini adalah lingkungan sekitar, sekolah, lapangan olahraga, dan PT. Selain itu kami juga menerima pesanan untuk pembuatan kerangka-kerangka dan body mesin yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Lokasi produksi yang mudah dijangkau, diharapkan mampu memberikan peluang bagi berkembangnya usaha ini.
v Situasi Persaingan
Kemungkinan adanya saingan sejenis di daerah lain lumayan besar, karena daerah tersebut banyak yang mendirikan usaha ini.
v Strategi Pasar
Kegiatan pemasaran usaha ini dilakukan dengan satu cara, yaitu secara langsung. Pemasaran secara langsung adalah melayani secara langsung pesanan dari para konsumen tanpa melalui perantara.
4.2    Masalah-Masalah yang Potensial Dalam Usaha
1.    Saingan usaha tidak sejenis
2.    Modal untuk mengelola usaha
3.    Kurangnya apresiasi dan pengetahuan berbisnis

4.3    Resiko yang Timbul dari Masalah Intern
1.    Bahan baku yang sulit didapat dan mahalnya bahan baku
2.    Kurangnya peralatan
3.    Kerusakan peralatan
4.    Kurangnya tenaga kerja

4.4     Resiko yang Timbul dari Masalah Ekstern
1.    Jumlah pelanggan
2.    Banyaknya pesaing
3.    Ekonomi pelanggan
4.    Kurangnya pengetahuan
5.    Kurangnya promosi

4.5    Tindakan Alternatif
a.    Menyelesaikan Resiko Intern
·      Pengadaan bahan baku yang tidak mudah rusak dengan harga ringan
·      Memproduksi tidak berlebihan
·      Perawatan peralatan yang cukup

b.      Menyelesaikan Resiko Ekstern
·      Mengutamakan kualitas barang produksi
·      Mengutamakan pelayanan prima
·      Memaksimalkan upaya promosi


4.6    Pengembangan Usaha
Untuk pengembangan usaha ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
·      Menambah tenaga kerja
·      Meningkatkan kualitas produk
·           Meningkatkan pelayanan
·           Menigkatkan upaya promosi
·           Mempeluas wilayah pemasaran


4.7    Produk dan Segmentasi Pasar.
Yang dimaksud usaha Bengkel Las Listrik adalah menerima pesanan pembuatan pagar besi,  rails besi, rak besi dan juga perbaikan yang berkaitan dengan las listrik. Sedangkan dalam pemasaran usaha ini ditargetkan pada 2 segmentasi pasar, yaitu:
a.       Perumahan Baru,
b.      Perumahan Lama untuk Renovasi / Perbaikan

4.8    Permintaan
Informasi yang kami peroleh dari salah satu pekerja bengkel tersebut ketika kami ajak bicara pada saat ia tidak bertugas (malam hari) mengatakan:
Historikal data omset penjualan bengkel tersebut rata-rata 7 bulan terakhir adalah:
Bulan -1          Rp. 18 juta
Bulan -2          Rp. 11 juta
Bulan -3          Rp. 18 juta
Bulan -4          Rp. 25 juta
Bulan -5          Rp. 16 juta
Bulan -6          Rp. 21 juta
Bulan -7          Rp   .8 Juta

Diperkirakan omset tersebut akan naik terus, karena dibelakang perumahan tersebut sedang bangun juga perumahan-perumahan baru (perluasan) dan juga ada beberapa perumahan baru yang sedang dikembangkan tidak jauh dari sini


BAB VI
ASPEK OPERASIONAL

5.1     Lokasi
Lokasi kami berada di pinggir jalan sehingga konsumen mudah untuk mengetahui letak atau lokasi bengkel las tiara karya.

5.2.    Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha bengkel las ini tidak  dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 12m x 14m untuk penempatan costumer service, kasir, dan gudang peralatan bengkel

5.3.   Waktu Operasional
Bengkel ini buka pada jam 09-00 s/d 16.30

5.4.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah Memberikan      pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada pelanggan yang membutuhkan servis dengan  kualitas terjamin dan teruji dengan teknologi tinggi. Agar konsumen merasa puas dengan hasil kerja dari bengkel kami dan mebuat konsumen tetap menggunakan jasa bengkel las kami

5.5.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis bengkel las TIARA KARYA akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

5.6.   Target Pelanggan
Target pelanggan Bengkel las kami adalah orang-orang yang sedang  membangun dan memperindah gedung atau perumahan.


BAB VII
ASPEK SDM

KEBUTUHAN TENAGA KERJA
7.1.       Tim Manajemen
Untuk menjalankan usaha ini pada dasarnya dilakukan dengan 5 orang yang masing-masing mempunyai tugas, yakni sumber dana yang kami dapat apabila ada permintaan pembuatan, ada 2 orang, kemudian pesanan motif yang diterima yang kemudian dikembangkan oleh pegawai 1 orang dan proses pembuatan dilakukan oleh 2 orang. Untuk efisiensi dan efektifitas tenaga kerja kami ambil dari teman & keluarga.

7.2.       Tanggung jawab Personalia
Peranan personalia kami bagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut:
1.    Pimpinan
2.    Administrasi
3.    Bagian Penggambaran/pengeditan
4.    Bagian Produksi

7.3     Kelebihan Produk dan Pelayanan Usaha
Sesuai dengan hasil survey yang telah kami lakukan.kemungkinan besar hasil-hasil kerja kami menjadi Trend dimasyarakat, dikarenakan motif-motif yang kami sajikan adalah motif yang terbaik, karena selain didesign oleh ahli teknik yang handal yang memiliki ketelitian yang tinggi juga karena harga yang kami tawarkan sangat menggoda, sehingga sampai sekarang usaha kami ini banyak peminatnya.


BAB VIII
ASPEK KEUANGAN

Bulan
Produksi pesanan
Pendapatan bruto
Biaya operasional
Pemasukan
Laba 10%
1
19
Rp 23.750.000
Rp 416.000
Rp 23.334.000
Rp 2.333.400
2
10
Rp 19.500.000
Rp 416.000
Rp 12.840.000
Rp 1.284.000
3
5
Rp   6.250.000
Rp 416.000
Rp  5.834.000
Rp   583.400
4
8
Rp 10.000.000
Rp 416.000
Rp  9.584.000
Rp   958.400
5
12
Rp 15.000.000
Rp 416.000
Rp 14.584.000
Rp 1.458.400
6
15
Rp 18.750.000
Rp 416.000
Rp 18.334.000
Rp 1.833.400
7
9
Rp 11.250.000
Rp 416.000
Rp 10.834.000
Rp 1.083.400
8
15
Rp 18.750.000
Rp 416.000
Rp 18.334.000
Rp 1.833.400
9
20
Rp 25.000.000
Rp 416.000
Rp 24.584.000
Rp 2.458.400
10
13
Rp 16.250.000
Rp 416.000
Rp 15.834.000
Rp 1.583.400
11
17
Rp 21.250.000
Rp 416.000
Rp 20.834.000
Rp 2.083.400
12
7
Rp   8.750.000
Rp 416.000
Rp  8.334.000
Rp   833.400



TOTAL

Rp 
Rp


Analisis SWOT
1 .    Faktor internal
No
Strengths ( kekuatan)
Weakness (kelemahan)
1.
Kompetensi dalam teknik pemesinan.
Modal usaha investasi yang dimiliki belum cukup.

2.
Jenis usaha telah dikuasai dengan baik.
Manajemen organisasi kurang menguasai.

3.
Mempunyai pengalaman dalam pengelolaan usaha.

4.
Mampu mengelola / manajemen keuangan yang baik.




2 .    Factor eksternal
No
Opportunity
Treath
1.
 Masih sedikit alat pembantu pekerjaan yang sederhana dan efisien.
Adanya pesaing dalam bidang usaha yang sama
2.
Produk sejenis harganya sangat tinggi dan kurang praktis
Rumah tempat produksi kurang strategis sehingga menambah biaya distribusi




3 .    Biaya yang di butuhkan
Total biaya pembangunan Usaha Bengkel Las Listrik ini sebesar Rp 59.794.000, dengan rincian sebagai berikut:

Investasi tetap:
-          Kontrak kios                                                    Rp        6.000.000
-          Renovasi                                                          Rp           500.000
-          Mesin Las Listrik                                              Rp        7.500.000
-          Mesin Grinda                                                   Rp           300.000
-          Mesin potong Grinda                                        Rp           300.000
-          Mesin pembengkok besi                                   Rp           500.000
-          Rak                                                                  Rp           600.000
-          Mobil Pick-up                                                  Rp      20.000.000
-          Perlengkapan, dan lain-lain                                Rp           500.000
Total                                                                            Rp    36.200.000
Modal Kerja operational bulan pertama                       Rp     23.594 .000
Grand Total                                                                Rp    59.794.000






BAB IX
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Untuk menjalankan usaha ini pada tahap awal dibutuhkan 5 orang tenaga kerja yang diambil dari anggota keluarga dan bekerjasama dengan teman yang bertujuan untuk efektifitas dan efisien. Dengan demikian CV. DINA JAYA dilihat dari segi analisis finansial dan pemasaran memenuhi standar kelayakan usaha.

B.   Saran
Usaha ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan dalam memperindah dan memberikan kenyamanan yang dapat dijadikan pandangan bagi pengusaha lainnya.


1 komentar:

  1. Sands Casino Review 2021 - $300 Welcome Bonus
    The Sands casino is an excellent choice for Canadian players looking to play on an exciting 온카지노 gaming septcasino destination with an excellent mobile-first platform and Visit Sands Casino: Play Here!Games: 400+ slots, table games, video slots, Table Games Rating: 4 · ‎Review 바카라 사이트 by Nathan Grohman

    BalasHapus