Contoh Format Surat Perjanjian Jual Beli
SURAT PERJANJIAN
Kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Perusahaan : PT LS Indonesia
Alamat : Palembang
Dalam hal ini bertindak atas Perusahaan Eksportir yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
Alamat : Palembang
Dalam hal ini bertindak atas Perusahaan Eksportir yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
Nama Perusahaan : Thong Joe, PTE
Alamat : Singapore
Alamat : Singapore
Dalam hal ini bertindak atas nama Perusahaan Importir yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.
Pihak pertama dengan ini berjanji menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual CVO kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli CVO dari pihak pertama dengan ketentuan:
1. Jumlah CVO
|
100 Ton
|
2. Harga
|
$1000 /Ton
|
3. Kualitas
|
A
|
4. Pengiriman
|
Cost Insurent Fright
|
5. Nilai Kontrak
|
$100.000
|
Dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam 5 (lima) pasal, berikut ini:
Pasal 1
HARGA
Jual beli CVO tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan harga CVO sebesar $100.000 ( $1000/ton x 100ton)
Pasal 2
CARA PEMBAYARAN (BANK RESPONDEN)
Perusahaan Tong Joe, PTE sebagai importir membayar melalui Bank of Singapore. Sedangkan perusahaan PT LS Indonesia sebagai eksportir menerima pembayaran melalui Bank M.
Pasal 3
MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN
Perjanjian ini berlaku dalam jangka waktu kontrak dari tanggal 12 September 2015 sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 (3 Bulan).
Pasal 4
PENYERAHAN BARANGPelabuhan asal pengiriman dari PT LS Indonesia berada di Pelabuhan BOM BARU Palembang, pelabuhan tujuan berada di Pelabuhan WTC Singapore.
PENYERAHAN BARANGPelabuhan asal pengiriman dari PT LS Indonesia berada di Pelabuhan BOM BARU Palembang, pelabuhan tujuan berada di Pelabuhan WTC Singapore.
Pasal 5
PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Apabila terjadi perselisihan di dalam perjanjian tersebut maka kedua belah pihak akan menyelesaikan secara mufakat , apabila tidak terjadi kesepakatan akan diselesaikan di Pengadilan Negri Palembang.
Tanggal 12 September 2015
SURAT PENAWARAN BARANG
PT. LESTARI
Medan
=====================================================
Kepada Yth
Medan, 30 April 2015
CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Di-Medan
Dengan Hormat,
Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. LESTARI, dengan alamat di Jln. Sekar Sari No. 34 Medan. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.
Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV. ANUGERAH SEJAHTERA adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan properti dengan harga yang bersaing.Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok properti untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola.
Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk properti yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.
Hormat kami,
PT. Lestari
Ikram Syahputra
Manager Marketing
SURAT PERMOHONAN INFORMASI PRODUK
CV.
ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
=====================================================
Kepada, Medan, 02 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN
Nomor : 120/ATS/VIII/2015
Lampiran :
-
Hal
:
Permintaan
Informasi Produk
Dengan hormat,
Kami memerlukan semua katalog anda yang berisikan bahan dan macam – macam properti rumah tangga yang anda produksi. Agen penjualan anda bisa segera menghubungi saya dan membuat janji pertemuan.
Hormat kami,
Dengan hormat,
Kami memerlukan semua katalog anda yang berisikan bahan dan macam – macam properti rumah tangga yang anda produksi. Agen penjualan anda bisa segera menghubungi saya dan membuat janji pertemuan.
Hormat kami,
CV. Anugerah Sejahterah
Yeni Angraini
Direktur
BALASAN SURAT PERMOHONAN INFORMASI PRODUK
PT. LESTARI
Medan
=====================================================
Kepada Yth
Medan, 05 Mei
2015
CV. ANUGERAH SEJAHTERA
Di-Medan
Nomor : 045/RSR/2015
Hal :
Balasan Surat Permohonan Informasi
Lamp. : 1 Berkas
Dengan Hormat,
Terima kasih atas surat permintaan
informasi yang perusahaan Anda kirimkan pada tanggal 2 Mei 2015. Kami akan
senang bila dapat bekerja sama dengan perusahaan Anda.
Untuk memenuhi permintaan Anda maka kami
lampirkan catalog kami yang terbaru. Di dalamnya, kami juga menjelaskan rincian
penawaran mengenai potongan khusus kami untuk perusahaan Anda.
Kami akan menantikan
balasan dan pesanan pertama Anda. Kalau masih ada yang belum jelas mengenai
produk kami, Anda dapat menanyakan kami lagi.
Hormat kami,
PT Lestari
Meileginta Kaban
Manajer Pemasaran
Manajer Pemasaran
SURAT PEMESANAN BARANG
CV.
ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
=====================================================
Kepada,
Medan, 08 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN
Nomor
: 120/AAS/VIII/2015
Lampiran:
-
Hal:
Pesanan properti rumah tangga
Dengan
hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang
saudara ajukan, maka kami berniat memesan barang-barang properti rumah tangga
berupa dibawah ini:
1. 10
unit Lemari Pakaian
2. 50 unit meja hias
3. 20 unit meja makan
Pembayaran
akan dilakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara.
Pembayaran pertama akan kami lakukan pada saat barang sudah kami terima dengan
keadaan baik.
Kami
harap barang tersebut dikirim secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan
terimakasih.
Hormat
kami,
CV. Anugerah Sejahterah
Yeni Angraini
Direktur
SURAT KLAIM KEUSAKAN BARANG PADA PEMESANAN BARANG
CV.
ANUGERAH SEJAHTERA
Medan
=====================================================
Kepada
Yth
Medan, 15 Mei 2015
PT. Lestari
Jl. Sekar Sari No.34
MEDAN
Nomor
:
XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2013
Lamp.
: -
Hal : Klaim
Dengan hormat,
Dengan
ini kami beritahukan bahwa ada beberapa
barang pesanan kami yang
kami
terima dalam kondisi rusak. Berikut
ini adalah daftar barang yang
rusak
beserta keterangan kerusakannya :
No
|
Deskripsi
|
Jml
|
No. Surat Jalan
|
Keterangan
|
1
|
Meja Makan Persegi Ukuran
180x180x75 cm
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Ada 4
slat kayu yang lepas tanpa
tapping screws
|
2
|
Lemari
Pakaian
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Bagian kaki retak dan engsel pintu lemari rusak
|
3
|
Meja
hias
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Kaca retak sepanjang 30 cm dan
model tidak sesuai pesanan
|
Kami telah mengirimkan
beberapa foto melalui email yang memperlihatkan kondisi barang yang rusak.
Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya jadwal stuffing.
Demikian Surat Klaim
ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan
sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama. Atas
perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih
Hormat kami,
CV. Anugerah Sejahterah
Yeni Angraini
Direktur
CONTOH AGENDA RAPAT
AGENDA
RAPAT
|
|
Hari
|
Senin
|
Tanggal
|
01
September 2015
|
Tempat
|
Ruang
Rapat Kantor
|
Bersama
|
Direktur
PT LESTARI
|
No
|
Jam/Waktu
|
Acara
|
Petugas
|
1
|
08.30-09.00
|
Regristrasi peserta rapat
|
Penerima tamu
|
2
|
09.00-09.05
|
Pembukaan
|
Pembawa acara
|
3
|
09.05-09.15
|
Sambutan Pimpinan Perusanaan
|
Pim.Perusahaan
|
4
|
09.15-10.30
|
Strategi Penjualan dan Pemasaran
|
Manajer Pemasaran
|
5
|
10.30-10.40
|
Coffee Break I
|
Konsumsi
|
6
|
10,40-12.00
|
Laporan Hasil Penjualan
|
Manajer Penjualan
|
7
|
12.00-13.30
|
Lunch, Sholat Dhuhur
|
Konsumsi/acara
|
8
|
13.30-15.15
|
Sessi Workshop
|
Peserta rapat
|
9
|
15.15-15.30
|
Coffeee Break II
|
|
10
|
Strategi Pemasaran dan Penjualan 2008
|
Pim/wakil pimpinan Perusahaan
|
|
11
|
16.00
|
Penutup, Doa
|
Acara
|
CONTOH PROPOSAL PENDIRIAN PERUSAHAAN
PROPOSAL BENGKEL LAS
TIARA KARYA
DISUSUN OLEH :
M. FAUZI ADRIANSYAH
(01031381419161)
TRI WAHYU ANGGRAENI
(01031381419179)
ULFA MAURISA MA
(01031381419214)
YENI ANGRAENI
(01031381419197)
YUDHISTIRA ANDAMEN SAPUTRA (01031381419225)
JALAN SAPTA MARGA
NO. 002
KEL. BUKIT SANGKAL KEC. KALIDONI
PALEMBANG
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita
ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya, TIM
penyusun dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “BENGKEL LAS TIARA KARYA”.
Proposal ini
disusun berdasarkan rencana pendiran usaha yang didalamnya memuat latar
belakang, visi, misi, & tujuan serta keterangan-keterangan lain tentang
perusahaan. Dalam penyusunan proposal ini, tidak sedikit hambatan yang TIM penyusun hadapi. Namun, penyusun menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain
berkat bantuan, dorongan, serta bimbingan sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi dapat teratasi.
Penyusun sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan
jauh dari sempurna. Maka, TIM penyusun meminta masukannya berupa kritik
dan saran dari pembaca demi perbaikan pembuatan proposal di
masa yang akan datang.
Palembang,17 Oktober2014
Tim Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Masyarakat di Indonesia khususnya wilayah Palembang merupakan kota yang sedang
melakukan pembangunan sehingga banyak dijumpai kontraktor yang sedang
membutuhkan jasa-jasa dalam membuat sebuah gedung maupun perumahan perumahan.
Dengan semakin berkembangnya
dan semakin banyak masyarakat yang menginginkan rumahnya atau gedung
perkantorannya di perindah dengan itulah kami memiliki ide untuk membuat usaha
bengkel las ini untuk membantu para kontraktor memperindah bangunan yang sedang
mereka kerjakan.
Perusahaan Bisnis Bengkel Las “TIARA KARYA” ini
berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hoby mendesain
yang di iringin keahlian dalam bidang mebuat pagar atau tralis. karena
sering menemukan berbagai masalah dalam memperindah suata bangunan. Akhirnya
generasi muda ini mencetuskan dan mendirikan sebuah Bengkel Las yang dinamakan “TIARA KARYA” yang berdiri di JL Sapta Marga
Kalidoni yang lingkungannya memiliki tingkat pembangunan yang lumayan
tinggi, tapi masih minim pengetahuna dalam meperindah bangunan
Bengkel Las “TIARA KARYA” ini didirikan untuk mempelopori kecintaan pada
arsitektur pada sebuah bangunan.
BAB II
PROFIL USAHA
Nama Perusahaan
|
:
|
BENGKEL LAS TIARA KARYA
|
|||||
N.P.W.P
|
:
|
||||||
Status Usaha
|
:
|
SWASTA
|
|||||
Alamat
|
:
|
Jalan Sapta Marga no. 002 Kalidoni
|
|||||
Kecamatan
|
:
|
Kalidoni
|
|||||
Kota/Kab
|
:
|
Palembang
|
|||||
Provinsi
|
:
|
Sumatra selatan
|
|||||
Negara
|
:
|
Indonesia
|
|||||
Kode Pos
|
:
|
30114
|
|||||
No. Telpon
|
:
|
|
|||||
No Fax
|
:
|
|
|||||
Anggota Asosiasi
|
:
|
None
|
|||||
Kategori Perusahaan
|
:
|
Welding Services
pagar, railing tangga
/ railing balkon,bangku pekarangan,
kanopi, pintu kasa nyamuk
dan teralis.
|
Kami adalah pelaku usaha di bidang las di Kota
Palembang, Sumatera Selatan yang memiliki pengalaman 15 tahun lebih. Kepuasan
pelanggan merupakan keutamaan kami.
Kami menyediakan produk aksesoris rumah, kantor,
apartemen, atau fasilitas umum lainnya dengan berbahan besi dan stainless.
Produk yang kami kerjakan dapat di-customized sesuai keinginan pelanggan. Moto
dari BENGKEL LAS TIARA KARYA PALEMBANG adalah KREATIF, DETAIL, RAPIH,
CEPAT DAN TERJANGKAU
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
|
BAB IV
VISI DAN MISI
3.1 Visi
Menjadi bengkel las yang selalu terdepan dalam
pelayanan, kualitas, dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang
mendambakan kepuasan dalam segala servis pengelasan.
3.2 Misi
1. Memberikan
pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada pelanggan yang membutuhkan servis.
2. Melayani
pesanan pelanggan dengan kualitas terjamin dan teruji dengan
teknologi tinggi.
3. Memberikan
perawatan dan pengecekan secara berkala kepada barang yang telah di servis atau
di ciptakan.
4. Cepat
dan tanggap dengan permintaan panggilan (on the call).
BAB V
ASPEK PEMASARAN
ASPEK PEMASARAN
4.1 Hasil Analisis
Pasar
v Target Pasar atau
Konsumen
Target pasar atau konsumen untuk usaha ini adalah
lingkungan sekitar, sekolah, lapangan olahraga, dan PT. Selain itu kami juga
menerima pesanan untuk pembuatan kerangka-kerangka dan body mesin yang biasanya
dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Lokasi produksi yang mudah dijangkau,
diharapkan mampu memberikan peluang bagi berkembangnya usaha ini.
v Situasi Persaingan
Kemungkinan adanya saingan sejenis di daerah lain
lumayan besar, karena daerah tersebut banyak yang mendirikan usaha ini.
v Strategi Pasar
Kegiatan pemasaran usaha ini dilakukan dengan satu
cara, yaitu secara langsung. Pemasaran secara langsung adalah melayani secara
langsung pesanan dari para konsumen tanpa melalui perantara.
4.2 Masalah-Masalah
yang Potensial Dalam Usaha
1. Saingan usaha
tidak sejenis
2. Modal untuk
mengelola usaha
3. Kurangnya
apresiasi dan pengetahuan berbisnis
4.3 Resiko yang Timbul
dari Masalah Intern
1. Bahan baku yang
sulit didapat dan mahalnya bahan baku
2. Kurangnya
peralatan
3. Kerusakan
peralatan
4. Kurangnya tenaga
kerja
4.4 Resiko yang
Timbul dari Masalah Ekstern
1. Jumlah pelanggan
2. Banyaknya pesaing
3. Ekonomi pelanggan
4. Kurangnya
pengetahuan
5. Kurangnya promosi
4.5 Tindakan
Alternatif
a. Menyelesaikan
Resiko Intern
· Pengadaan bahan
baku yang tidak mudah rusak dengan harga ringan
· Memproduksi tidak
berlebihan
· Perawatan
peralatan yang cukup
b. Menyelesaikan
Resiko Ekstern
· Mengutamakan
kualitas barang produksi
· Mengutamakan
pelayanan prima
· Memaksimalkan
upaya promosi
4.6 Pengembangan Usaha
Untuk pengembangan usaha ini dapat dilakukan dengan
cara-cara sebagai berikut:
· Menambah tenaga
kerja
· Meningkatkan
kualitas produk
· Meningkatkan
pelayanan
· Menigkatkan upaya
promosi
· Mempeluas wilayah
pemasaran
4.7 Produk dan
Segmentasi Pasar.
Yang dimaksud usaha Bengkel Las Listrik adalah
menerima pesanan pembuatan pagar besi, rails besi, rak besi dan juga
perbaikan yang berkaitan dengan las listrik. Sedangkan dalam pemasaran usaha
ini ditargetkan pada 2 segmentasi pasar, yaitu:
a. Perumahan
Baru,
b. Perumahan Lama
untuk Renovasi / Perbaikan
4.8 Permintaan
Informasi yang kami peroleh dari salah satu pekerja
bengkel tersebut ketika kami ajak bicara pada saat ia tidak bertugas (malam
hari) mengatakan:
Historikal data
omset penjualan bengkel tersebut rata-rata 7 bulan terakhir adalah:
Bulan
-1 Rp. 18 juta
Bulan
-2 Rp. 11 juta
Bulan
-3 Rp. 18 juta
Bulan
-4 Rp. 25 juta
Bulan
-5 Rp. 16 juta
Bulan
-6 Rp. 21 juta
Bulan
-7 Rp .8 Juta
Diperkirakan omset tersebut akan naik terus, karena
dibelakang perumahan tersebut sedang bangun juga perumahan-perumahan baru
(perluasan) dan juga ada beberapa perumahan baru yang sedang dikembangkan tidak
jauh dari sini
BAB VI
ASPEK OPERASIONAL
ASPEK OPERASIONAL
5.1 Lokasi
Lokasi kami berada
di pinggir jalan sehingga konsumen mudah untuk mengetahui letak atau lokasi
bengkel las tiara karya.
5.2. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat
yang dibutuhkan pada awal membuka usaha bengkel las ini tidak dan juga
tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 12m x 14m untuk
penempatan costumer service, kasir, dan gudang peralatan bengkel
5.3. Waktu Operasional
Bengkel ini buka pada jam 09-00 s/d 16.30
5.4.
Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan
adalah Memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan
kepada pelanggan yang membutuhkan servis dengan kualitas terjamin
dan teruji dengan teknologi tinggi. Agar konsumen merasa puas dengan hasil kerja
dari bengkel kami dan mebuat konsumen tetap menggunakan jasa bengkel las kami
5.5. Konsep Promosi
Membuat sebuah
display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat
advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas
dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami
optimis bengkel las TIARA KARYA akan lebih mudah
dan cepat dikenal oleh masyarakat.
5.6. Target Pelanggan
Target pelanggan Bengkel las kami adalah orang-orang
yang sedang membangun dan memperindah gedung atau perumahan.
BAB VII
ASPEK SDM
ASPEK SDM
KEBUTUHAN TENAGA KERJA
7.1. Tim Manajemen
Untuk menjalankan usaha ini pada dasarnya dilakukan
dengan 5 orang yang masing-masing mempunyai tugas, yakni sumber dana yang kami
dapat apabila ada permintaan pembuatan, ada 2 orang, kemudian pesanan motif
yang diterima yang kemudian dikembangkan oleh pegawai 1 orang dan proses
pembuatan dilakukan oleh 2 orang. Untuk efisiensi dan efektifitas tenaga kerja
kami ambil dari teman & keluarga.
7.2. Tanggung jawab
Personalia
Peranan personalia
kami bagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut:
1. Pimpinan
2. Administrasi
3. Bagian
Penggambaran/pengeditan
4. Bagian Produksi
7.3
Kelebihan Produk dan Pelayanan Usaha
Sesuai dengan hasil survey yang telah kami
lakukan.kemungkinan besar hasil-hasil kerja kami menjadi Trend dimasyarakat,
dikarenakan motif-motif yang kami sajikan adalah motif yang terbaik, karena
selain didesign oleh ahli teknik yang handal yang memiliki ketelitian yang
tinggi juga karena harga yang kami tawarkan sangat menggoda, sehingga sampai
sekarang usaha kami ini banyak peminatnya.
BAB VIII
ASPEK KEUANGAN
ASPEK KEUANGAN
Bulan
|
Produksi pesanan
|
Pendapatan bruto
|
Biaya operasional
|
Pemasukan
|
Laba 10%
|
1
|
19
|
Rp 23.750.000
|
Rp 416.000
|
Rp 23.334.000
|
Rp 2.333.400
|
2
|
10
|
Rp 19.500.000
|
Rp 416.000
|
Rp 12.840.000
|
Rp 1.284.000
|
3
|
5
|
Rp 6.250.000
|
Rp 416.000
|
Rp 5.834.000
|
Rp 583.400
|
4
|
8
|
Rp 10.000.000
|
Rp 416.000
|
Rp 9.584.000
|
Rp 958.400
|
5
|
12
|
Rp 15.000.000
|
Rp 416.000
|
Rp 14.584.000
|
Rp 1.458.400
|
6
|
15
|
Rp 18.750.000
|
Rp 416.000
|
Rp 18.334.000
|
Rp 1.833.400
|
7
|
9
|
Rp 11.250.000
|
Rp 416.000
|
Rp 10.834.000
|
Rp 1.083.400
|
8
|
15
|
Rp 18.750.000
|
Rp 416.000
|
Rp 18.334.000
|
Rp 1.833.400
|
9
|
20
|
Rp 25.000.000
|
Rp 416.000
|
Rp 24.584.000
|
Rp 2.458.400
|
10
|
13
|
Rp 16.250.000
|
Rp 416.000
|
Rp 15.834.000
|
Rp 1.583.400
|
11
|
17
|
Rp 21.250.000
|
Rp 416.000
|
Rp 20.834.000
|
Rp 2.083.400
|
12
|
7
|
Rp 8.750.000
|
Rp 416.000
|
Rp 8.334.000
|
Rp 833.400
|
TOTAL
|
Rp
|
Rp
|
Analisis SWOT
1 . Faktor internal
No
|
Strengths ( kekuatan)
|
Weakness (kelemahan)
|
1.
|
Kompetensi dalam teknik pemesinan.
|
Modal usaha investasi yang
dimiliki belum cukup.
|
2.
|
Jenis usaha telah dikuasai dengan
baik.
|
Manajemen organisasi kurang menguasai.
|
3.
|
Mempunyai pengalaman dalam pengelolaan usaha.
|
|
4.
|
Mampu mengelola / manajemen keuangan yang baik.
|
2 . Factor eksternal
No
|
Opportunity
|
Treath
|
1.
|
Masih sedikit alat pembantu pekerjaan yang sederhana dan efisien.
|
Adanya pesaing dalam bidang usaha yang sama
|
2.
|
Produk sejenis harganya sangat tinggi dan kurang praktis
|
Rumah tempat produksi kurang strategis sehingga menambah biaya distribusi
|
3 . Biaya yang di
butuhkan
Total biaya
pembangunan Usaha Bengkel Las Listrik ini sebesar Rp 59.794.000, dengan rincian
sebagai berikut:
Investasi tetap:
- Kontrak
kios Rp
6.000.000
- Renovasi
Rp 500.000
- Mesin
Las Listrik
Rp 7.500.000
- Mesin
Grinda
Rp
300.000
- Mesin
potong Grinda
Rp 300.000
- Mesin
pembengkok besi
Rp 500.000
- Rak Rp
600.000
- Mobil
Pick-up Rp
20.000.000
- Perlengkapan,
dan lain-lain
Rp
500.000
Total
Rp 36.200.000
Modal Kerja operational bulan
pertama
Rp 23.594 .000
Grand Total
Rp 59.794.000
BAB IX
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Untuk menjalankan usaha ini pada tahap awal dibutuhkan
5 orang tenaga kerja yang diambil dari anggota keluarga dan bekerjasama dengan
teman yang bertujuan untuk efektifitas dan efisien. Dengan demikian CV. DINA
JAYA dilihat dari segi analisis finansial dan pemasaran memenuhi standar
kelayakan usaha.
B. Saran
Usaha ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan
dalam memperindah dan memberikan kenyamanan yang dapat dijadikan pandangan bagi
pengusaha lainnya.
Sands Casino Review 2021 - $300 Welcome Bonus
BalasHapusThe Sands casino is an excellent choice for Canadian players looking to play on an exciting 온카지노 gaming septcasino destination with an excellent mobile-first platform and Visit Sands Casino: Play Here!Games: 400+ slots, table games, video slots, Table Games Rating: 4 · Review 바카라 사이트 by Nathan Grohman